Sunday, April 17, 2016

6 Tips Menghilangkan Cabean Di Kulit (Wedangen)

Kamu suka pedas dan suka masak dengan menggunakan cabai banyak? Kamu perlu hati-hati saat memasak atau memotong banyak cabai, karena seringkali orang akan mengalami rasa terbakar di kulit setelah memotong banyak cabai karena rasa pedasnya.

Bukan hanya lidah saja yang bisa merasakan pedas, kulit tubuhmu juga bisa merasakannya, reaksinya hampir sama, terasa panas seakan terbakar dan kulit akan jadi kemerahan. Orang Jawa mengenalnya dengan istilah wedangen.



Cabean atau wedangen yaitu kondisi kulit terbakar karena pedasnya cabai. Seringkali hal ini sangat mengganggu dan sebisa mungkin kamu jangan menyentuh atau mengucek mata saat tanganmu mengalami cabean jika tak ingin matamu pedih. Nah, untuk menghilangkan rasa cabean ini, ada 6 cara yang bisa kamu coba.
  • Minyak zaitun

    Oleskan minyak zaitun pada kulit yang terasa terbakar, biarkan hingga kering, cuci dengan air dingin. Lakukan lagi hingga rasa cabean hilang, biasanya butuh waktu 1-2 jam, tergantung seberapa parah cabean yang kamu alami.

  • Sabun cuci piring

    Oleskan sabun cuci piring yang sudah dicairkan sedikit dengan air, lalu oles merata di kulit. Menggunakan sabun cuci piring lebih ampuh meredakan cabean dibanding sabun mandi.

  • Susu atau Yogurt

    Agak pemborosan sih memang, karena kamu harus mencelupkan tangan yang cabean ke dalam susu atau yogurt. Jika tidak, oles berulang kali pada bagian yang cabean dengan susu atau yogurt hingga tak terasa panas lagi.

  • Baking soda

    Campurkan baking soda sedikit dengan air hingga jadi pasta dan oles pada kulit cabean. Rasa dinginnya akan meredakan panas karena capsaicin dari cabai. Biarkan hingga mengering dan bila. Ulangi lagi jika masih panas.

  • Alkohol

    Alkohol juga sangat baik meredakan rasa panas karena cabai di kulit karena punya efek mendinginkan.

  • Mentimun

    Ambil mentimun secukupnya dan remas-remas atau gosok-gosokkan pada kulit cabean. Biarkan hingga kering atau gosok terus hingga tanganmu dingin dan tidak terasa terbakar lagi.

Nah, kapan pun tanganmu terasa cabean dan panas sekali, coba cara di atas ya.

Thursday, April 14, 2016

Mie Aceh Goreng Enak Bumbu Rempah

Cara Menjadikan Resep Mie Aceh Beserta Bumbu Asli Rempah Rempahnya. Aceh, daerah sektor paling barat besutan negara kita ini populer oleh syariat islamnya yang lumayan berkelanjutan diaplikasikan di daerah meraka. Tidak cuma itu saja, kebudayaan khas mereka pula populer hingga diluar negeri. Nyatanya, satu diantara resep kuliner besutan daerah itu, yakni resep masakan mie Aceh pula banyak diburu lho. Tak cuma populer di daerah aslinya saja, resep masakan mie ini pula lumayan pupuler di daerah Medan, Bandung, Mie Aceh Jakarta serta di kota besar yang lain yang terdapat di Tanah air. Oleh memakai bumbu mie yang berasal besutan beragam macam-macam rempah alami dipadukan oleh ada banyak panduan spesial kepada langkah membuatnya, resep mie Aceh nyatanya memiliki citarasa yang mengagumkan lho. Tak cuma mie goreng Aceh nya saja, mie kuah nya pula memiliki citarasa yang unik, enak serta lezat maka banyak diburu dengan pengagum kuliner nasional.

Resep Mie Aceh Goreng

Misal pula resep masakan besutan daerah pulau Sumatera sektor barat yang lain, misal Medan, Padang serta yang lain, resep mie Aceh ini pula kaya sekali oleh bumbu rempah rempahnya. Keunggulan besutan mie aceh goreng serta mie aceh kuah sepertinya terdapat di bahan bumbu rempah yang digunakannya. Bumbu mie aceh ini sepertinya sedikit tidak sama oleh yang lain. Malahan dapat disebut unggul komplit bila dibanding oleh Mie Kopyok Semarang. Bila langkah menjadikan mie nya sendiri tak sangat tidak sama oleh masakan besutan daerah lain, meskipun sepertinya terdapat ada banyak panduan agar akhirnya enak serta lezat.

Satu diantara ciri khas resep mie goreng besutan Aceh ini merupakan bentuk mie yang dipakai terlihat unggul besar serta tidak tipis. Hal semacam ini lah yang menjadikan banyak pengagum kuliner senantiasa merasa puas waktu nikmati resep mie Aceh yang pula oleh gampang dapat kita dapatkan di Jakarta, Bandung, Surabaya atau daerah yang lain. Terkecuali memakai mie spesial (dapat pula menggunakan mie telor umum bila tak terdapat) serta bumbu mie yang komplit, kombinasi isiannya sepertinya unggul bergizi. Ya, buat rekan rekan yang kebetulan sepertinya suka pada masakan ini, tentu tahu yang menjelaskan isian besutan resep ini unggul bergizi dibanding oleh mie yang lain. Katakan saja udang, daging sapi, bagian dalam maupun daging kambing yang banyak mengadung protein serta gizi utama buat keperluan badan satu hari hari.

Sebab memakai bumbu rempah misal pala, kapulaga serta lada, citarasa mie aceh ini pas sekali oleh mereka yang suka pada citarasa pedas atau di nikmati waktu musim hujan atau cuaca sekali lagi dingin. Tak cocok rasa-rasanya nikmati mia kuah aceh maupun mie gorengnya namun rasa-rasanya belum pedas. Tidak cuma itu saja, citarasa nya pula didominasi oleh rasa gurih sebab bumbu mie aceh yang dipakai sepertinya lumayan berani. Umumnya sih resep mie aceh ini memakai daging kambing yang menjadi campurannya, namun bila sepertinya rekan rekan tak demikian menyenanginya dapat ditukar oleh daging sapi atau daging ayam saja. Kepada unggul tuturnya, silakan lihat bumbu mie kuah aceh serta mie goreng aceh berikut ini ya.