Sunday, April 17, 2016

6 Tips Menghilangkan Cabean Di Kulit (Wedangen)

Kamu suka pedas dan suka masak dengan menggunakan cabai banyak? Kamu perlu hati-hati saat memasak atau memotong banyak cabai, karena seringkali orang akan mengalami rasa terbakar di kulit setelah memotong banyak cabai karena rasa pedasnya.

Bukan hanya lidah saja yang bisa merasakan pedas, kulit tubuhmu juga bisa merasakannya, reaksinya hampir sama, terasa panas seakan terbakar dan kulit akan jadi kemerahan. Orang Jawa mengenalnya dengan istilah wedangen.



Cabean atau wedangen yaitu kondisi kulit terbakar karena pedasnya cabai. Seringkali hal ini sangat mengganggu dan sebisa mungkin kamu jangan menyentuh atau mengucek mata saat tanganmu mengalami cabean jika tak ingin matamu pedih. Nah, untuk menghilangkan rasa cabean ini, ada 6 cara yang bisa kamu coba.
  • Minyak zaitun

    Oleskan minyak zaitun pada kulit yang terasa terbakar, biarkan hingga kering, cuci dengan air dingin. Lakukan lagi hingga rasa cabean hilang, biasanya butuh waktu 1-2 jam, tergantung seberapa parah cabean yang kamu alami.

  • Sabun cuci piring

    Oleskan sabun cuci piring yang sudah dicairkan sedikit dengan air, lalu oles merata di kulit. Menggunakan sabun cuci piring lebih ampuh meredakan cabean dibanding sabun mandi.

  • Susu atau Yogurt

    Agak pemborosan sih memang, karena kamu harus mencelupkan tangan yang cabean ke dalam susu atau yogurt. Jika tidak, oles berulang kali pada bagian yang cabean dengan susu atau yogurt hingga tak terasa panas lagi.

  • Baking soda

    Campurkan baking soda sedikit dengan air hingga jadi pasta dan oles pada kulit cabean. Rasa dinginnya akan meredakan panas karena capsaicin dari cabai. Biarkan hingga mengering dan bila. Ulangi lagi jika masih panas.

  • Alkohol

    Alkohol juga sangat baik meredakan rasa panas karena cabai di kulit karena punya efek mendinginkan.

  • Mentimun

    Ambil mentimun secukupnya dan remas-remas atau gosok-gosokkan pada kulit cabean. Biarkan hingga kering atau gosok terus hingga tanganmu dingin dan tidak terasa terbakar lagi.

Nah, kapan pun tanganmu terasa cabean dan panas sekali, coba cara di atas ya.

No comments:

Post a Comment